My dream has come true for glory to G.O.D

…Asal usul Sin Ciah…

Gong xi fa Chai,,, bwt smuanx yg merayaka Sin Ciah 2011. ^0^

Masih dalam rangka Imlek yang jatuh pada tanggal 3 Februari kmrn. Aq jd pengen juga nge-share asal-usul dr Sin Ciah itu sendiri…hehe. Sebanar kenapa sih, harus diadakan Tahun baru China, kenapa gk Tahun baru diadakan satu kali aza a.k.a pas tanggal 1 Januari?..

Jadi waktu zaman dulu itu di China, hiduplah seekor monster besar. Dia itu hanya makan setahun sekali, setelah dia makan maka dia akan tidur sampai satu tahun kemudian. *setelah satu tahun berlalu, maka dia akan bangun dari tidurnya dan dia akan mencari makan lagi, setelah habis makan, terus tidur lagi deh…Zzzzzzz~ begitu seterusnya.^^

Monster tersebut makannannya adalah manusia, selain dia memakan manusia dia juga suka merusak perkampungan warga….baik itu tanaman, rumah, dll. *kurang lebih si monster pokoknya meresahkan warga bgt deh.>___<. Jadi setiap tahun para warga akhir telah mengadakan persiapan, jika kalau si monster datang. Mereka selalu pergi berkemas dan membawa seluruh barang-barang berharga yang dapat mereka bawa, dan pergi bersama keluarganya untuk mengelamatkan diri mereka. Para warga yang pergi itu, telah pasrah jika kalau rumah dan kampung mereka hancur karna di rusak oleh sang monster.

Nah pada suatu saat, datanglah seorang pemuda yang datang ke kampung mereka. Dia ingin meminta makanan. Namun apa yang dia dapat?…ya, kampung tersebut kosong, tak berpenghuni karena ditinggal oleh warganya. Tapi ternyata ada, seorang nenek yang tetap tinggal di rumahnya. akhirnya dia pun bertanya pada nenek itu, kemana warga kampung ini. Lalu sang nenek pun menjawab, klu warga kampung ini, pergi mengungsi untuk menyelamatkan diri dari teror sang monster (o iya, si monster ternyata bernama “nian”). Lalu dia pun bertanya, kenapa nenek masih tinggal di sini, kenapa tidak ikutan mengungsi dengan yang lainnya. lalu nenek tersebut menjawab klu nenek tersebut sudah tidak mempunyai sanak saudara serta cucu lagi, karna seluruh keluarganya telah menjadi korban si monster. Jadi jika sewaktu-waktu si monster a.k.a nian datang. maka dia udah pasrah-pasrah aza…*woah~ nenek yang malang…T^T

Setelah makan *pemberian si nenek tentunya*, maka si pemuda tersebut berjanji akan melindungi si nenek jika si nian datang. Lalu si pemuda tersebut  pun mencari cara agar si nian takut dan akhirnya pergi dari kampung itu. kemudian dia pun akhirnya mengetahui klu si monster nia tersebut takut pada suara-suara yang berisik. dan mendapat ide untuk mengumpulkan bambu-bambu dan ketika si nian datang dia pun menyalakan bambu-bambu tersebut yang akhirnya membuat si nian takut dan akhirnya pergi a.k.a kabur dari kampung tersebut.

Dan akhirnya para warga yang mendengar bahwa kampungnya telah selamat pun, kembali dan pergi kembali ke kampungnya. dan pergi merayakan kemenangan atas keselamatan kampung dan nyawa serta keluarganya… Dan meraka pun saling mengucapkan Gong xi nian, yang artinya “Selamat anda telah selamat dari nian”…

O y, si monster a.k.a nian selalu bangun pada saat musim semi. Dia selalu merusak tanaman-tanaman para warga yang tengah bersemi. Dan biasanya tanaman-tanaman tersebut berbunga pada saat musim semi saja…makanya itu Sin Ciah identik dengan lampion-lampion yang warna-warni menandakan musim semi itu. Selain itu, lampion juga menandakan sesuatu yang baru a.k.a yang mekar, karna setelah beberapa waktu tidak tumbuh.

Sin Ciah atau Imlek juga identik dengan warna merah, kenapa harus warna merah?. Karna menurut teradisi orang China, merah itu melambangkan keceriaan, yeah…keceriaan menyambut tahun baru yang penuh rahkmat dan anugrah dari Tuhan yang Maha Kuasa.

Dan adalagi fakta yang menarik, jika diperhatikan lebih seksama lagi.. Ternyata Pu (semoga saja aq gk salah nulisnya…^^) yang digantung di rumah-rumah orang China, tulisannya terbalik.. Mengapa tulisan pu itu terbalik?!… Ternyata menurut kepercayaan orang China, pu itu sengaja digantung terbalik, agar jika pu tersebut digantung terbalik, maka berkat serta rejeki akan mengalir dan masuk kedalam rumahnya saja . Kan klu tulisan pu tersebut di gantung secara keatas, maka berkat atau rejeki tersebut akan mengalir keluar, bukan kedalam rumahnya (yah…kedengerannya agak egois y?!..tapi it’s okay, itu adalah kepercayaan orang China jaman dulu^^).

Sebenarnya sih sejarahnya Sin Ciah itu, ada dua versi… Dan yang satunya lagi yaitu, para masyarakat China mengadakan Sin Ciah sebagai salah satu peringatan akan datangnya musim semi.. yakni menandakan akan kehidupan yang baru dan meninggalkan masa lalu yang kelam. Karna pada saat musim semi semua bunga bermekaran, menandakan suatu kelahiran yang baru, karna dari sesuatu yang mati tak berbunga, akhirnya pada musim semi dia pun bertumbuh.. Karna itu pada Sin Chia, mereka lebih sering mengucapkan Gong xi fa chai, yang artinya adalah Selamat Semoga anda beruntung..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s